Kamis, 12 November 2015

Pengertian Kanker, Apa itu Kanker

Pengertian Kanker, Apa itu Kanker - Semua kanker bermula dari sel yaitu unit dasar kehidupan. Tubuh terdiri dari banyak jenis sel. Sel-sel ini tumbuh dan membelah dengan cara yang terkontrol. Ketika sel-sel menjadi tua atau rusak, mereka akan mati dan diganti dengan sel-sel baru.

Selama tahun-tahun awal kehidupan seseorang atau pada saat seseorang masih kecil dan dalam masa pertumbuhan, sel-sel normal membelah lebih cepat untuk memungkinkan orang untuk tumbuh. Setelah orang itu menjadi dewasa, kebanyakan sel membelah hanya untuk menggantikan sel-sel tubuh yang usang atau sel mati dan untuk memperbaiki jaringan yang rusak
Pengertian Kanker, Apa itu Kanker

Namun, terkadang proses yang teratur ini berjalan salah. Bahan genetik ( DNA ) dari sel dapat menjadi rusak atau berubah, menghasilkan mutasi yang mempengaruhi pertumbuhan sel normal dan pembelahan. 

Ketika ini terjadi, sel-sel tidak mati seperti seharusnya dan sel-sel baru terbentuk ketika tubuh tidak membutuhkannya. Sel-sel ekstra dapat membentuk suatu massa dari jaringan yang disebut tumor. tumor ada yang bersifat jinak dan ada yang bersifat ganas atau bersifat kanker.

APA ITU KANKER


Kanker adalah istilah yang digunakan untuk penyakit di mana sel-sel membelah secara abnormal tanpa kontrol dan mampu menyerang jaringan lain. Sel-sel kanker dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh melalui darah dan sistem getah bening.

Proses Sel normal menjadi sel-sel kanker karena akibat kerusakan DNA. Dalam sel normal, ketika DNA rusak maka akan terjadinya perbaikan kerusakan atau sel tersebut akan mati. Namun Dalam sel-sel kanker, DNA yang rusak tidak diperbaiki, dan sel tersebut tidak mati seperti seharusnya. Sebaliknya, sel ini terus membuat sel-sel baru yang tidak diperlukan tubuh. Sel-sel baru ini semuanya akan memiliki DNA yang rusak.

Dalam kebanyakan kasus sel-sel kanker membentuk tumor. Namun jenis kanker seperti leukemia, jarang membentuk tumor. Sebaliknya, sel-sel kanker ini melibatkan darah dan organ pembentuk darah dan beredar melalui jaringan lain di mana mereka tumbuh.

Sel-sel kanker sering melakukan perjalanan ke bagian lain dari tubuh, di mana mereka mulai tumbuh dan membentuk tumor baru yang menggantikan jaringan normal. Proses ini disebut metastasis. Hal ini terjadi ketika sel-sel kanker masuk ke dalam aliran darah atau pembuluh getah bening tubuh kita.

Kanker bukan hanya satu penyakit tapi banyak penyakit. Ada lebih dari 100 jenis kanker yang berbeda. Sebagian besar kanker diberi nama untuk organ atau jenis sel di mana mereka mulai berkembang atau terserang. misalnya, kanker yang dimulai di payudara disebut kanker payudara, kanker yang dimulai di mulut rahim atau serviks disebut kanker serviks. begitupun dengan kanker pada organ tubuh lainnya.

Kategori kanker

Jenis kanker dapat dikelompokkan ke dalam kategori yang lebih luas. Kategori utama kanker meliputi:

Carcinoma - kanker yang dimulai di kulit atau jaringan yang melapisi / menutupi organ internal. Ada beberapa subtipe dari kanker ini, termasuk adenokarsinoma , karsinoma sel basal , karsinoma sel skuamosa , dan sel transisional karsinoma.

Sarcoma - kanker yang dimulai di tulang, tulang rawan, lemak, otot, pembuluh darah, atau jaringan ikat atau pendukung lainnya.

Leukemia - kanker yang dimulai di jaringan pembentuk darah seperti sumsum tulang dan menyebabkan sejumlah besar sel darah abnormal diproduksi dan masuk ke dalam darah.

Limfoma dan myeloma - kanker yang dimulai di sel-sel sistem kekebalan tubuh

Central nervous system cancers - kanker yang dimulai di jaringan otak dan sumsum tulang belakang.
Pengertian Kanker, Apa itu Kanker 2

Perbedaan Tumor dan kanker

Tidak semua tumor adalah kanker. Tumor yang bukan kanker disebut tumor jinak. namun Tumor jinak juga dapat menyebabkan masalah apabila mereka tumbuh sangat besar dan menyebabkan penekanan pada organ dan jaringan sekitar. sebagian Tumor hampir tidak pernah mengancam nyawa.

Jangan Lupa Minum Fiforlif

Tumor jinak bukan kanker. Mereka sering dapat dihilangkan dengan cara pembedahan tanpa membutuhkan jenis pengobatan tambahan seperti radiasi dan terapi gen, dan dalam banyak kasus, mereka tidak datang kembali. Sel tumor jinak tidak menyebar ke bagian lain dari tubuh. 

Tumor ganas adalah kanker. Sel-sel pada tumor ini dapat menyerang jaringan di dekatnya dan menyebar ke bagian lain dari tubuh. Penyebaran kanker dari satu bagian tubuh yang lain disebut metastasis. pengobatan untuk kanker berbeda dari tumor, mereka terkadang membutuhkan pengobatan komplek dan menyeluruh, biasanya pengobatan gabungan antara kemoterapi, pembedahan, dan radiasi di perlukan.

Risiko terserang berbagai jenis kanker dapat dikurangi dengan mempraktekkan kebiasaan gaya hidup sehat, seperti makan makanan yang sehat, berolahraga secara teratur, dan tidak merokok. selain itu semakin cepat kanker ditemukan dan semakin cepat perawatan dimulai, semakin besar kemungkinan pengobatan akan berhasil. sekian pembahasan tentang pengertian kanker, apa itu kanker.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar